Gejala Awal Batu Ginjal

Gejala Awal Batu Ginjal,- Batu ginjal merupakan penyakit berasal dari terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang dipisahkan ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Biasanya batu ginjal bersarang di saluran kemih yang mengakibatkan Anda sakit parah. Tanda-tanda umum dari batu ginjal seperti nyeri saat buang air kecil, mual, demam, nyeri di perut bawah, perubahan warna urine, sering buang air kecil, buang air kecil dalam jumlah kecil, dan bau pada urin.

Meskipun pengobatan alami banyak tersedia untuk mencegah batu ginjal, lebih baik Anda mendeteksi dini gangguan ini. Untuk itu, berikut gejala umum Anda terserang penyakit batu ginjal.

Sering dan sakit ketika buang air kecil

Batu ginjal yang pindah ke kandung kemih dapat mengiritasi dan terasa “membakar” organ. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dan sering buang air kecil. Sakit dan sering buang air kecil juga bisa menjadi gejala medis seperti infeksi saluran kemih atau penyakit menular seksual.

Gejala flu

Ketika batu ginjal terjebak di saluran kemih, Anda dapat terserang gejala flu. Gejala ini termasuk demam, menggigil dan kelelahan, serta merasa mual.

Sakit perut dan sakit punggung

Nyeri perut atau punggung merupakan salah satu tanda awal dari batu ginjal. Nyeri ini bisa bertambah parah bahkan Anda akan sulit duduk dan berdiri dengan baik. Jika rasa sakit semakin hebat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Perubahan warna urine

Ketika batu ginjal melewati saluran kemih dapat merusak tabung kecil yang membawa urine keluar dari tubuh. Ketika ini terjadi, akan nampak perubahan pada warna dan bau urine.

Kurangnya kalsium dalam tubuh

Batu ginjal terdiri dari kalsium. Biasanya orang yang kurang mengonsumsi kalsium rentan terhadap batu ginjal dibandingkan mereka yang mengonsumsi banyak kalsium. Sebab kalsium dapat mengikat bahan kimia yang disebut oksalat sehingga mampu mencegah zat tersebut masuk ke dalam saluran kemih dan membentuk batu ginjal.

Posted by : obatginjalbocor.aldotter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *