Makanan Ini Saat Terkena Batu Ginjal

Makanan ini saat terkena batu ginjal,- Kebanyakan orang tak menyadari bahwa mereka memiliki batu ginjal hingga sampai pada tahap yang serius, ketika batu ginjal berukuran besar. Mengalami batu ginjal memang sangat menyakitkan. Selain itu, makanan dan minuman yang dikonsumsi juga harus sangat diperhatikan.

Beberapa makanan bisa menyebabkan masalah batu ginjal semakin parah. Perhatikan beberapa makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi untuk menjaga ginjal tetap sehat. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari jika Anda memiliki masalah batu ginjal,

Berdasarkan Dr Deepshikha Agarwal, seorang ahli nutrisi dan diet, penderita batu ginjal sebaiknya menghindari mengonsumsi bayam. Bayam mengandung oxalate yang bisa mengikat kalsium dan membentuk kristal kalsium oxalate atau batu ketika ginjal memproduksi urine.

Jika Anda mengonsumsi bayam ketika mengalami masalah dengan batu ginjal, keadaan akan semakin parah. Meski begitu, bukan berarti orang yang terkena batu ginjal sama sekali harus menghindari bayam. Pasien masih diperbolehkan makan bayam sekali atau dua kali seminggu, tak lebih.

Tomat juga sayuran yang mengandung banyak oxalate. Tomat biasanya dikonsumsi secara langsung atau terkandung dalam masakan. Menghindari tomat tentunya bukan pekerjaan mudah karena tomat biasa digunakan dalam berbagai masakan sebagai perasa.

Meski begitu, mengonsumsi tomat sesekali juga boleh karena makanan ini mengandung banyak nutrisi. Untuk mencegah lebih banyak masalah, hilangkan biji tomat ketika mengonsumsinya dan jangan mengonsumsi terlalu banyak tomat.

Suka cokelat? Jika Anda bermasalah dengan batu ginjal, cokelat adalah pantangan terbesar. Cokelat juga diketahui mengandung oxalate yang bisa membuat keadaan ginjal semakin parah akibat batu ginjal.

Mengonsumsi cokelat memang masih diperbolehkan sekali seminggu, namun sebaiknya hindari makan cokelat dan ganti kesukaan Anda pada makanan manis dengan makanan lainnya. Meski cokelat bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, namun tak baik jika Anda memiliki batu ginjal.

Posted by : obatginjalbocor.aldotter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *