Kenali Cegah batu ginjal dengan berolahraga ringan

Kenali Cegah batu ginjal dengan berolahraga ringan,- Olahraga memang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Tak hanya itu, baru-baru ini penelitian juga mengungkap bahwa olahraga ringan saja seperti jogging selama satu jam per minggu atau berjalan selama tiga jam bisa mencegah munculnya batu ginjal hingga 31 persen.

Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati data dari 84.000 wanita yang sudah mengalami menopause. Mereka menemukan bahwa aktivitas fisik dan olahraga yang ringan bisa membantu mencegah terbentuknya batu ginjal. Hasil penelitian ini kemudian diterbitkan dalam Journal of the American Society Nephrology.

“Bahkan olahraga ringan saja bisa menurunkan risiko terkena batu ginjal. Anda tak harus berolahraga berat atau terlalu sering,” ungkap penulis penelitian Dr Mathew Sorensen dari University of Washington School of Medicine.

Selama ini batu ginjal seringkali dialami oleh wanita. Peneliti menemukan bahwa batu ginjal sebenarnya terjadi akibat masalah sistemik, jadi tak hanya melibatkan ginjal saja. Batu ginjal juga berkaitan dengan kesehatan organ tubuh lain serta penyakit lainnya seperti diabetes, obesitas, sindrom metabolisme, dan penyakit jantung.

Peneliti menemukan bahwa obesitas merupakan faktor risiko seseorang memiliki batu ginjal. Mengonsumsi lebih dari 2.200 kalori sehari bisa meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal hingga 42 persen.

Setelah menghitung faktor risiko lainnya seperti berat badan dan kalori yang dikonsumsi per hari peneliti menemukan bahwa olahraga adalah faktor penting dan efektif untuk bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan sekaligus mencegah munculnya batu ginjal.

posted by : obatginjalbocor.aldotter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *