Ketahui Gagal Ginjal Ternyata Membunuh dengan Senyap

Ketahui Gagal Ginjal Ternyata Membunuh dengan Senyap,- Saat ini penyakit gagal ginjal kronik menduduki peringkat ke-12 tertinggi angka kematian atau angka ke-17 angka kecacatan. Hingga tahun 2015, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sebanyak 36 juta orang di dunia meninggal akibat gagal ginjal kronik.

Penyakit gagal ginjal pun kerap dikaitkan dengan sakit pinggang. Namun faktanya sakit pinggang bukanlah gejala dari penyakit gagal ginjal. Tunggul D. Situmorang, SpPD, dokter spesialis ilmu penyakit dalam, menjelaskan, banyak pengidap penyakit ginjal kronis tidak memiliki gejala apapun, terutama pada tahap awal penyakit. Biasanya penyakit ginjal diketahui pada saat tahap akhir.

Banyak yang sakit pinggang tapi bukan berarti gagal ginjal, banyak yang gagal ginjal tapi tidak sakit pinggang,” ungkap dr Tunggul, saat ditemui di kawasan Matraman, Jakarta Timur.

Bila frekuensi urine sedikit dan warnanya berubah serta berbuih, itulah yang perlu Anda waspadai. Sebaiknya Anda lakukan USG untuk mengetahui apakah Anda terkena gagal ginjal.

“Urine berbuih berarti banyak protein yang terkandung, menandakan Anda bisa terkena gagal ginjal,” ungap dr.Dharmeizar, SpPD, K-GH, spesialis penyakit dalam saat ditemui di lokasi yang sama.

Untuk itu disarankan memelihara dan menjaga fungsi ginjal dengan perilaku yang sehat. Diet rendah protein dan pengendalian tekanan darah maupun gula darah. Penggunaan obat-obatan yang sifatnya mengganggu ginjal (nephrotox) harus dihindari.

Posted by : obatginjalbocor.aldotter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *